Cara Jitu Mengatasi Layar Touchscreen Yang Sering Bermasalah

Cara Jitu Mengatasi Layar Touchscreen Yang Sering Bermasalah – Buat anda para pengguna smartphone pasti tidak akan asing lagi dengan yang namanya layar sentuh ( touchscreen ), selain lebih modern dan menarik, touchscreen juga dapat membatu kita supaya kita dapat dengan mudah untuk menggunakan aplikasi dan sebagainya. Akan tetapi terkadang kita sering di buat kesal karena touchscreen yang sering macet. Tapi anda tidak usahan khawatir karena kami akan berbagi trik bagaimana cara mengatasi touchscreen yang sering macet, berikut adalah ulasan cara mengatasi touchscreen yang sering macet.

1. Membersihkan Memori RAM

Bagi anda pengguna Windows, iOS, ataupun Android. Perlu anda ketahui kalau penggunaan aplikasi maupun game yang berlebihan dalam jangka waktu yang pendek akan mengakibatkan memori RAM pada perangkat anda akan cepat penuh. Apabila memori RAM pada perangkat anda penuh, akibatnya touchscreen pun akan mengalami macet. Oleh karena itu, hindarilah pemakaian aplikasi atau game secara berlebihan. Sangat penting juga untuk selalu menghapus riwayat game atau aplikasi, supaya tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga RAM pun dapat beristirahat. Selain itu penyebab touchscreen macet juga bisa di akibatkan dengan adanya virus pada perangkat anda, untuk hal yang satu ini anda tidak usah khawatir lagi, anda tinggal mendownload dan menginstall aplikasi antivirus pada smartphone anda untuk membersihkan virus – virus yang ada pada perangkat anda.

 

Cara Jitu Mengatasi Layar Touchscreen Yang Sering Bermasalah.tipsponsel.web.id

 

2. Restart / Mulai Ulang Perangkat

Trik berikutnya untuk mengatasi touchscreen yang sering macet adalah dengan cara memulai ulang / restart perangkat. Masing – masing OS memiliki cara yang berbeda dalam merestart perangkat, untuk anda pengguna Windows bisa merestart perangkat anda dengan cara klik menu setting –>> Power –>> Restart. Tetapi apabila touchscreen anda sudah benar – benar macet dan tidak bisa di gunakan lagi, anda tinggal tekan tombol power dan Windows secara bersamaan, setelah itu perangkat pun akan melakukan reboot. Berbeda dengan pengguna produk Apple seperti iPhone dan ipad. Untuk merestart perangkat, anda harus tutup dahulu semua aplikasi – aplikasi yang berjalan di latar belakang, kemudian klik tombol sleep setelah itu seret slidenya hingga ikon apple muncul, setelah itu perangkat pun akan melakukan restart. Bagi anda pengguna android anda cukup dengan menekan restart seperti biasa untuk memulai ulang perangkat anda.

3. Kalibrasi

Kalibrasi adalah aplikasi untuk menyesuaikan touchscreen dengan sentuhan. Setiap OS memiliki langkah – langkah yang berbeda dalam melakukan kalibrasi, bahkan setiap versi OS pun meliliki cara yang  berbeda. Untuk anda para pengguna android anda bisa menemukan aplikasi kalibrasi pada opsi pengaturan. Untuk pengguna produk apple sampai saat ini belum ada aplikasi khusus untuk melakukan kalibrasi. Tapi anda tidak usah khawatir, anda hanya perlu menerapkan Jailbroken atau Jailbreak, dan cara lain untuk menangani touchscreen yang sering macet pada produk apple bisa juga dengan cara melakukan hard reset. Sedangkan untuk para pengguna Windows anda cukup dengan cara menekan tombol Start kemudian pilih jenis kalibrasi yang anda inginkan.

4. Menghapus Launcher, Aplikasi serta Game

Sama seperti memori RAM, penuhnya memori perangkat pun salah satu penyebab touchscreen macet. Jadi apabila touchscreen anda mulai mengalami macet atau unresopsive, hapuslah aplikasi serta game yang dapat mengakibatkan memori perangkat penuh. Hindari juga penggunaan wallpaper bergerak maupun launcher yang memiliki animasi atau efek yang berat.

Diatas adalah beberapa langkah – langkah yang harus anda lakukan ketika touchscreen anda mengalami macet. Ikutilah langkah – langkat tersebut dengan cermat, supaya anda tidak melakukan kesalahan. Semoga bermanfaat, Terimakasih.

Cara Jitu Mengatasi Layar Touchscreen Yang Sering Bermasalah | Admin | 4.5