Cara Upgrade OS Windows Phone Lumia 8 ke 8.1

Kemarin yang ditunggu-tunggu selama ini akhirnya tiba. Lumia 520 saya memperoleh update Lumia Cyan dengan OTA. Dengan begitu Lumia 520 milik saya sekarang telah menggunakan OS Windows Phone 8.1.

Advertisement

Bagi yang belum upgrade atau update, segeralah upgrade Lumia-nya caranya masuk Settings > System > Phone Update lantas tap pada tombol Check for Updates. Update hanyalah bisa dilakukan memanfaatkan WiFi.

Agar proses update berjalan optimal & potensi untuk gagal pun kecil, pastikanlah baterai  masih mencukupi (jika tidak yakin baiknya dicharge saja) serta pastikanlah juga free space atau memory bebas di memori internal masihlah cukup minimal masih free space sekitar 1.5 GB. Cara cek free space ke Settings > storage check (storage sense).

Cara Upgrade OS Windows Phone Lumia 7 5 8 ke 8.1

 

Microsoft Service Agreement, klik saja install. Saya memperoleh 2 kali update. Saat update pertama, versi Windows Phone masih 8.0. Barangkali mungkin ini semacam “langkah persiapan”. Lantas lakukanlah lagi langkah update di atas & kali ini barulah berjalannya proses update menjadi Lumia Cyan dimulai. Waktu lama update sekitar 15 sampai 30 menitan.

Nah, apa saja sih yang baru pada Windows Phone v 8.1 ini?

Yang pertama langsung terlihat ialah perubahan beberapa jenis ikon tile. Ya, bila itu doang mah tak asyik, hehe.

Action Center. Saat ini Windows Phone memiliki notification center seperti di Android. Cara membukanya pun sama dengan di Android, geserlah jari di bagian atas layar menuju ke bawah. Di Action Center tersebut, selain muncul daftar notifikasi (contohnya ada email/bbm/sms/WA  masuk), bisa juga diatur koneksi WiFi, Bluetooth, pengunci rotasi, mode pesawat serta tombol masuk kehalaman Settings.

Advertisement

Tanda koma pada keyboard kok hilang! Wah, jadi parah dong. Gak hilang sebenarnya, cuma tersembunyi. Saya juga gak tau alasan dari pengembang Lumia dengan menyembunyikan tanda koma yang ada di keyboard (mesti harus menekan tombol &123 dahulu barulah muncul). Namun, ternyata solusinya sangat gampang. Masuk bagian Settings > System > Keyboard dan lalu tekanlah tombol Advanced. Aktifkanlah opsi Show a comma key when available.
Word Flow keyboard.  Semacam Swype  di Android. Word Flow arti dalam bahasa Indonesia mempermudah kita saat pengetikan.
Bila terdapat update untuk aplikasi yang sudah diinstal, upgrade akan dilakukan otomatis bila terkoneksi jaringan WiFi.
Halaman Start dapat diberi background. Live tile  memiliki warna theme saat ini akan bisa menjadi tembus pandang & background akan jadi terlihat. Untuk memberi background, masuklah ke Settings > Start + theme lantas tekanlah tombol Choose Photo.

Jumlah tile dapat ditambah, meski menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Bila sebelumnya dengan lebar layar maksimal bisa menampung 4 tile, tapi sekarang bisa 6. Cara mengaktifkannya, masuklah ke Settings > Start + theme selanjutnya dibagian Show more Tiles, tekanlah tombol Off jadi On.
Screenshot diambil dengan menekan beberapa kombinasi tombol Power & Volume Up BERSAMAAN, bukan lagi pada Power dan juga tombol Start.

Nah, jika Anda pengguna Nokia Lumia, segeralah update atau upgrade. Keren  juga loh Lumia Cyan.

Berikut Daftar Windows Phone 8 yang telah bisa diupdate jadi Lumia Cyan
Nokia Lumia 520, 520T, 525, 521, 526, 530 Dual SIM, 530, 620, 625, 630 Dual SIM, 630, 635, 720, 720T, 820, 810, 822, 920T, 920, 925T, 925, 928, 930 Icon, 1320, 1020 and 1520.

ENJOY…

Cara Upgrade OS Windows Phone Lumia 8 ke 8.1 | Lanh | 4.5