Inilah Tips Cara Mudah Menghemat Baterai Android KitKat Samsung

Inilah Tips Cara Mudah Menghemat Baterai Android KitKat Samsung – Pemakaian aplikasi berlebihan & aktif dengan koneksi internet tentunya akan membuat smartphone kesayangan anda cepat habis baterainya. Bagi anda para pengguna Android 4.4 Kitkat, ada beberapa Tips atau trik Menghemat Baterai untuk sistem operasi Android KitKat supaya baterai ponsel anda tetap hemat ketika digunakan. Tips Mudah Menghemat Baterai untuk Ponsel Android KitKat

1. Matikanlah Pendeteksi Hotword
Berkat adanya fitur baru yaitu pendeteksi Hotword, Anda dapat mengatakan ” OK , Google ” dari layar menu utama ( atau saat mengaktifkan Google Now) guna memerintahkan Google Search dan juga Voice Actions. Itu berarti, ponsel pintar Anda dalam kondisi siap menangkap suara, menunggu Anda mengucapkan kata-kata perintah.

 

 

tips cara menghemat konsumsi daya baterai ponsel android kitkat samsung oppo sony xperia

Di satu sisi ponsel canggih Anda dapatlah menjadi gadget pendengar yang baik, tapi sisi lain akan menjadikan boros baterai. Jadi supaya lebih hemat disarankan dinonkatifkan saja. Caranya, masuklah ke Google Now > Settings > Voice, dan lalu matikan deteksi Hotword.

2. Gunakanlah fitur baru di aplikasi GPS
Banyak sekali aplikasi yang memanfaatkan fitur GPS tak hanya untuk pemetaan, yang terbaru pada OS Android Kitkat terdapat cara mudah untuk menggabungkan pelacakan tempat atau lokasi. Salah satunya check-in berguna untuk menemukan lokasi bisnis ” terdekat”, aplikasi tersebut memakan daya betarai yang cukup banyak ketika digunakan.

KitKat memberikan solusi untuk menghemat baterai GPS dengan menggunakan mode Battery Saving GPS, yang bisa meminimalisir berapa jumlah titik referensi yang dipakai untuk menemukan tempat atau lokasi Anda. Jangan khawatir, mode ini tetaplah menyajikan data yang cukup akurat.

Untuk mengaktifkannya , masuklah kebagian Pengaturan » Lokasi » Mode, dan lalu centanglah “Hemat baterai” (Batery Saving).

Kalau Anda membutuhkan ketepatan yang lebih tinggi dalam pelacakan, tinggal kembalikan saja setingan kembali ke mode Akurasi Tinggi (High Accuracy).

3. Janganlah sinkronisasi semua data
Pada waktu memasukkan akun ke handpphone, Google berasumsi bahwa Anda ingin melakukan semua sinkronisasi yang diperlukan. Termasuk juga Google Play, Google Keep, serta foto. Sinkronisasi foto inilah yang bikin boros. Setiap kali mengambil gambar , Google pasti akan mengupload atau mengunggah ke akun data kemudian kembali lagi.

Ada 2 cara menonaktifkannya, Pertama masuklah ke Setting » Account, lantas tekanlah nama akun Anda guna masuk ke penyetingan sinkronisasi dimana disitu anda bisa menonaktifkan pilihan sinkronisasi yang di dalamnya ada pilihan “Google Photo”.

Kedua, bukalah Gallery app » Settings, dan lalu nonaktifkanlah Google Photos Sync.

4. Gunakanlah NFC Seperlunya

Fitur NFC tentu sangatlah memudahkan anda untuk melakukan transfer file data antar smartphone, namun kebanyakan orang pasti akan membiarkan aplikasi tersebut aktif terus menerus. Maka dari itulah saya anjurkan menonaktifkan fitur ini & gunakanlah seperlunya saja.

Untuk menonaktifkan, masuklah kebagian Settings » More (dibawah Wireless & Networks) » NFC.

5. Gunakanlah Battery Tool
Apabila anda masih sering penasaran mengapa baterai smartphone android Anda tetap saja boros, gunakanlah fitur bawaan ponsel power monitor, yang bisa menampilkan jumlah daya pada setiap aplikasi yang sedang digunakan.

Cara mengakses battery tool, carilah ikon Quick Settings, lalu tekanlah logo baterai. Maka anda akan bisa melihat daftar lengkap apa saja aplikasi yang aktif.

Lalu anda perhatikan, apa ada aplikasi yang sedang berjalan dengan memakan konsumsi daya yang besar. Selain layar & jaringan (seperti Wi – Fi ) tentunya, namun mungkin saja anda juga menemukan aplikasi yang tidak wajar lalu nonaktifkanlah agar baterai ponsel android kitkat tidak boros.

Inilah Tips Cara Mudah Menghemat Baterai Android KitKat Samsung | Lanh | 4.5