6 Cara Cepat Menghapus Virus di Laptop atau PC

6 Cara Cepat Menghapus Virus di Laptop atau PC – Bagaimana cara membersihkan virus pada laptop ? itulah pertanyaan yang sering kami dengar, untuk itu maka di kesempatan kita kali ini kami akan menjelaskan bagaimana cara mudah untuk membersihkan virus pada laptop. Namun sebelum kita membahas cara memberishkan virus pada laptop, kita harus mengetahui apa saja yang biasanya terjadi jika laptop atau komputer kita terkena virus.

Jika laptop yang kita miliki sudah terkena virus, maka laptop kita akan sangat sulit ketika akan mengakses internet. Hal yang lebih membuat kita sedikit rumit adalah pada saat kita akan memperbaiki bagian registry yang telah di-disable oleh virus. Mengenai hal ini misalnya saja System restore yang tidak dapat mengakses restore, Shutdown yang tidak bisa shutdown, Hidden Folder ( Tidak bisa di buka file yang di Hidden ). Nah, dari sini saja kita akan sedikit terganggu karena kinerja laptop tidak maksimal.

Advertisement

Cara agar laptop atau komputer kita tidak terkena virus, maka hal yang harus kita lakukan adalah berhati – hati pada saat mendownload file di internet, karena biasanya file yang kita download mengandung virus yang tidak dapat kita deteksi. Masalahnya untuk saat ini para pihak pengembang virus terus menaikkan kecerdasan virus yang lebih tangguh untuk dapat masuk pada komputer kita atau laptop kita. Hal ini juga di imbangi dengan developer anti virus yang juga mengembangkan teknologinya. Lalu bagaimana cara sederhana untuk dapat membersihkan virus pada laptop kita jika terkena virus ? Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak saja selengkapnya dibawah ini.

 

6 Cara Cepat Menghapus Virus di PC atau Laptop

 

Berikut Tips dan Cara Membersihkan dan Menghilangkan Virus di Laptop Anda

1. Meng -Install Program Anti Virus

Cara membersihkan serta mencegah virus adalah dengan cara menginstall program anti virus. Untuk jenis anti virus untuk laptop ini sudah banyak beredar di pasaran, maka tinggal anda mencari anti virus yang pas untuk laptop anda. Langkah selanjutnya adalah melakukan scan atau pemindahan awal agar virus dapat terdeteksi. Apabila sudah terdeteksi, maka hal yang harus kita lakukan adalah segera menghapus virus tersebut. Hal yang lebih baik lagi jika anda menggunakan anti virus buatan lokal dan juga buatan luar agar laptop anda menjadi lebih tangguh lagi dalam menahan serangan virus yang akan masuk pada laptop anda.

2. Command Windows

Anda dapat menggunakan command windows dengan langkah mematikan virus pada memori. Nah, untuk cara ini maka anda dapat menggambungkan antara tombol Ctrl+Alt+Del agar Windows Task Manager tampil. Jika tampilan Task Manager sudah ada, maka langkah selanjutnya yaitu masuk ke bagian Processes, lanjutkan dengan klik User Name agar dapat mengurutkan file di proses pada bagian memori. Lihatlah apakah anda bagian yang mencurigakan atau tidak, jika anda maka kemungkinan itu adalah virus.

3. Mematikan Terlebih Dahulu Startup Yang Otomatis Ter-Loading

Di bagian ini biasanya akan terjadi Loading virus yang berupa EXE File. Cara ini kita lakukan agar virus yang masuk tidak secara langsung menyebar lewat memori kita. Apabila ini terjadi, maka matikan semua file EXE yang masih loading dengan berdasarkan User Name. Awas jangan mematikan file dengan kategori System, Local Service dan juga Network Service. Jika ini terjadi maka biasanya laptop akan mengalami gangguan atau biasa di sebut dengan Freeze.

4. Menonaktifkan Virus di Starup

Cara yang mudah agar virus tidak terloading di memori, maka anda dapat menghentikannya di bagian starup. Untuk melakukan hal ini kita dapat menggunakan perintah “mscofig” dengan cara klik menu Star –>> Run –>> msconfig. Untuk jalan pintasnya, anda juga dapat menggunakan cara menekan Windows+R, setelah itu maka akan tampil System Configuration Utility, kemudian pilihlah Starup. Mengenai hal ini apabila anda tidak mengerti tentang mana yang virus atau bukan, maka anda dapat melakukan pilihan Disable All.

5. Carilah Virus dengan Fasilitas Seacrh di Perangkat Windows

Untuk mendeteksi adanya virus atau tidak pada perangkat laptop anda, maka anda dapat melakukan pencarian secara manual dengan cara klik menu –>> Star –>> Search –>> Carilah file EXE, virus yang pada sebelumnya loading pada memori atau starup. Jenis virus ini biasanya tersimpan oleh pembuatnya di bagian folder Windows atau System32 dari Windows. Jika file tersebut di temukan, maka anda dapat langsung menghapusnya.

6. Hapus Virus dari System Registry Laptop Anda

Cara yang terakhir yang  dapat anda gunakan yaitu dengan cara menghapusnya dengan cara mudah ini. Untuk melakukannya kita bisa menggunakan perintah ” REGEDIT” hal ini untuk dapat mengubah serta menghapus yang ada pada bagian registry laptop anda. Mengenai caranya yaitu dengan masuk ke Star –>> Run –>> Regedit, setelah itu lanjutkan ke menu Edit kemudian pilih Find atau bisa dengan cara tekan Ctrl+F.

Masukan nama file virus yang akan anda hapus, misalnya virus.exe. jika sudah di pilih, maka pilih Find Next. Jika di temukan file virus, maka hapuslah semua registry yang memang memuat virus tersebut. Selanjutnya tekan tombol “F3” atau bisa juga di menu pilih Edit terus Find Next. Karena biasanya virus ini di tempatkan di beberapa tempat di registry. Untuk cara ini pastikan anda sudah menghapus virus yang ada pada laptop anda, hal ini juga berarti bahwa laptop anda telah bebas dari loading virus tersebut.

Itulah 6 cara yang dapat anda lakukan untuk dapat mencegah atau menghapus virus di laptop anda. Namun apabila virus yang ada pada laptop anda masih belum teratasi, maka anda dapat menggunakan cara yanga lebih ampuh yaitu dengan menggunakan bantuan program lain. Untuk itu maka kami sebutkan nama program yang dapat anda gunakan untuk menghapus virus yang sulit di bersihkan. Nama program tersebut adalah CProcess, Ccleaner, dan Hijack This. Dari nama yang telah kami sebutkan tadi, sebenarnya masih banyak sekali yang belum kami sebutkan, namun walaupun hanya 3 dari sekian banyak, semoga hal ini membantu anda dalam cara menghilangkan virus di laptop atau komputer yang sangat sulit di hapus.

Sekian dulu ulasan tentang bagaimana cara mudah untuk menghapus virus pada laptop atau komputer anda, semoga hal ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan masalah tentang virus di perangkat laptop anda. Jangan lupa untuk terus mengunjungi tipsponsel.web.id ya sobat, terimakasih.

6 Cara Cepat Menghapus Virus di Laptop atau PC | admin | 4.5