Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa di Charger atau Cas

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa di Charger atau Cas – Proses pengisian ulang ponsel atau mencharger atau yang sering orang bilang cas HP adalah suatu proses dimana baterai ponsel yang sebelumnya drop atau low kemudian dapat diisi hingga full, sehingga ponsel dapat digunakan kembali. Proses pengisian ulang pada ponsel memang tidak selalu berjalan lancar atau tidak ada hambatan. Karena terkadang ada ponsel yang tidak bisa dicharger dan akhirnya ponselpun tidak bisa digunakan.

Ada beberapa faktor penyebab yang memungkinkan hal itu terjadi, karena memang ponsel yang digunakan tidak akan selamanya awet. Maka dari itu pasti selang 1-2 tahun setelah pembelian akan ada kerusakan, dan salah satunya adalah gagal pengisian ulang. Nah, berikut penyebab dan cara mengatasinya sudah kami rangkum dengan lengkap. Simak dibawah ini.

Advertisement

 

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa di Charger atau Cas

 

Cara Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa di Charger atau Cas :

  1. Kerusakan IC Charge-nya
    Hal ini yang mengakibatkan munculnya pesan “Not Charging” walaupun memang proses pengisian yang dilakukan seperti seperti normal layaknya ponsel yang mencharger. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti IC Charge yang sudah lama kemudian ganti IC Charge yang baru.
  2. IC Power-nya
    Jika indikator isi ulang di ponsel anda masih tetap berjalan, namun baterai yang sebelumnya diisi sudah penuh. Hal ini maka diagnosa tepatnya pada perasalahan tersebut ialah IC Power-nya. Cara mengatasinya yakni dengan cara mengganti IC Power lama diganti IC Power baru.
  3. Kerusakan software (SW)
    Nah, bila kerusakan pada software diponsel anda memang menjadi salah satu penyebab gagalnya dalam melakukan pengisian ulang atau mencharger ponsel. maka Cara mengatasinya yakni dengan melakukan proses flash (program ulang) dengan versi yang serupa pada ponsel anda.
  4. Kapasitas Power Suplai Mengalami Kebocoran Listrik.
    Setelah dicash ponsel tidak mau nyala, maka faktor penyebab utamanya adalah Kapasitas Power Suplai Mengalami Kebocoran Listrik. Cara mengatasinya melepaskan IC UI, jika sudah ponsel kembali dicharge, perhatikan apakah terjadi kebocoran listrik ?. bila tidak terjadi kebocoran listrik, bisa dipastikan kerusakan pada IC UI, Bila terjadi kebocoran maka kerusakan pada IC Power.
  5. Pada pemecahan terakhir adalah dengan melakukan flash ulang atau juga instal ulang ponsel anda.

Artikel lainnya : Cara Memperbaiki Touchscreen Android Eror Dengan Cepat dan Mudah

Hal terakhir dilakukan karena permasalahan susah untuk diatasi dan kami pun hanya mengetahui seperti itu adanya. So, silahkan anda terapkan tutor diatas bila memiliki permasalahan serupa ketika ponsel anda tidak bisa dicharger. Semoga Cara Mengatasi Smartphone yang Tidak Bisa di Charger atau Cas bermanfaat dan bisa membantu anda dalam memecahkan masalah pada ponsel anda.

Cara Mengatasi Smartphone Tidak Bisa di Charger atau Cas | admin | 4.5