Cara Menggunakan Google Text to Speech

Cara Menggunakan Google Text to SpeechSewaktu kita masih kecil mungkin kita pernah berimajinasi mengenai sebuah computer genggam yang bisa di ajak berbicara oleh kita. Imajinasi semacam ini memang sudah terwujud di jaman canggih ini lewat teknologi Text-to-Speech (TTS) yang sudah lama juga terdapat pada computer. Teknologi Text-to-Speech ini di peruntukkan kepada para penderita tunanetra agar bisa mudah menjalankan computer. Namun bukan hanya computer saja yang bisa melakukan hal ini, karena saat ini sudah bisa di lakukan dalam perangkat android seperti memiliki buku bahasa yang bisa membantu anda mempelajari bahasa baru.

Percakapan suara Text-to-Speech ini sudah di perkenalkan setahun lalu lewat Android 4.2.2 Jelly Bean dan suaranya tidak seperti Run-Of-The-Mill Robot. Kemudian pihak Google kembali melakukan pembaruan untuk teknologi canggihnya ini yaitu dengan merilis 2 suara digital High Quality sebagai pembantu perangkat android yang anda punya bisa benar-benar bicara dengan anda seperti orang mengobrol. Adapun cara untuk bisa memulai Text-to-Speech ini adalah sebagai berikut.

 

Cara Menggunakan Google Text to Speech

 

Berikut Cara Memulai Google Text-to-Speech :

  1. Masuk ke menu Android Setting untuk mengaktifkan fungsi Text-to-Speech.
  2. Masuk ke Language & Input Panel jika perangkat mobile anda Android 4.2.2 atau lebih lalu pilih Text-to-Speech output di bagian bawah layar.
  3. Klik Preferred Engine sebagai pengatur bahasa perangkat anda.

Dalam tampilan ini anda bisa memasang paket bahasa lain atau bahkan member ijin kepada Google untuk bisa atau tidak melakukan pembaruan aplikasi TTS menggunakan data seluler yang anda punya.

  1. Di bagian layar, anda bisa memilih level tempat suara TTS digital berbicara serta pemasangan data suara tambahanseperti suara High Quality Google. Untuk perangkat Android 4.4 KitKat biasanya terdapat opsi tambahan untuk menampilkan status bahasa tetap.

Mampu untuk Readin’

  1. Gunakanlah API agar pembaca aplikasi dan pihak ketiga e-book bisa bekerja sama dengan Google Text-to-Speech.
  2. Dari menu pengaturan anda bisa mengaktifkan Read Aloud sebagai fitur pendikte cerita cukup dengan cara mengaktifkan saja dan anda akan di bacakan cerita oleh perangkat android anda.
  3. Sebagian besar e-book akan bekerja dengan fitur Read Aloud untuk anda belajar bahasa dengan cara memformat novel teks yang di pilih untuk di bacakan.
  4. Google Translate juga bisa mengucapkan kata dalam bahasa tertentu jika anda sedang berada di Negara lain dan bingun untuk mengucapkan kata dalam bahasa Negara tersebut.

Bicaralah padaku, Android

  1. Aktifkanlah Talkback dari panel aksesibilitas di menu setting perangkat mobile anda untuk bisa berbicara dengan Google TTS setiap waktu.

Sedikit catatan untuk anda bahwa perangkat ini pada dasarnya di buat untuk penyandang tunanetra agar bisa membaca segala sesuatu dengan waktu yang sesuai dengan apa yang anda katakana atau anda tekan pada layar. Agar layanan Google Text-to-Speech ini tidak menggangu orang-orang di sekitar anda, maka anda bisa meredam suaranya dengan mengurangi volume perangkat mobile anda.

Nah itulah yang bisa kami bagikan kali ini mengenai cara memulai google text to speech yang semoga bisa bermanfaat untuk anda semua. Terima kasih.

Cara Menggunakan Google Text to Speech | Admin | 4.5