Cara Memperbaiki Memformat Micro Sd Yang Rusak Tidak Terbaca Error Corrupt

Micro SD ialah kartu memori yang umum digunakan di handphone atau ponsel pintar, dan juga fungsinya sangatlah penting. Kebutuhan micro sd di ponsel sangatlah diperlukan bila pengguna smartphone tersebut senang sekali menyimpan data, musik, video atau file yang ukurannya besar, sebab memory hape sendiri terbilang lumayan kecil. Meskipun telah menjaga dan juga merawatnya, tentunya perangkat elektronik micro sd pun pasti tidak luput dari yang namanya kerusakan.

cara mengatasi memperbaiki memformat micro sd rusak tidak terbaca error corrut tidak bisa diformat

Kerusakan pada micro sd sering kali terjadi, seperti misalnya tidak terbaca, tidak terdeteksi, microsd yang minta format,  0 bytes, read only, microsd bad disk, ngeblank, microsd write protected. Penyebab dari kerusakan juga bermacam-macam, seperti terkena virus, rusak karena sudah berumur ataupun pengaruh perangkat gadget smartphone. Namun, guna mengatasi kerusakan fisik, hal itu sangatlah sulit diperbaiki, kecuali dengan mengganti micro sd baru. Nah bila demikian, tentunya data dan juga file yang sudah tersimpan hilang. Maka itulah, dengan  selalu backup data micro sd sangatlah perlu dilakukan.

Guna memperbaiki micro sd rusak tidak terbaca, sebenarnya mudah dikarenakan secara umum error atau kerusakan micro sd hanyalah terletak dibagian sistemnya tidak terbaca. Hai itu terjadi akibat dari kesalahan penulisan (write) data ataupun kerusakan di format sistemnya.

Cara memperbaiki microsd yang rusak dan tidak terbaca

Apabila masalah micro sd seperti yang dituliskan di atas, cara memperbaikinya ialah dengan harus memformat. Cara itu nantinya menghapus seluruh data, dengan begitu micro sd tadi masih dapat digunakan lagi. Berikut cara tips mengatasi micro sd tidak terbaca,  ini haruslah menggunakan PC.

  1. Masukanlah micro sd ke card reader ataupun lainnya, sehabis itu bukalah windows explorer. Klik pada drive micro sd yang ada pada explorer, berikutnya klik kanan guna melakukan format. Saat memformat, pilihlah partisi FAT.
  2. Apabila cara tersebut masihlah tidak bisa juga format micro sd, gunakanlah cara yang kedua dengan menggunakan bantuan  dari CMD windows.

Cara memformat micro sd melalui cmd

  • Klik Start lantas carilah CMD pada menu, atau lebih mudahnya gunakanlah search dan anda ketikan CMD
  • Klau sudah muncul ketikan saja FORMAT g: / FS:FAT (g =  huruf g umumnya diganti dengan dimana letak drive kartu memory. Misalnya disitu h, nantinya gantilah dengan h)
  • Tunggulah hingga proses format selesai, setela itu silakan pasanglah lagi pada ponsel

Guna mencegah kerusakan, janganlah terlalu sering untuk transfer file berukuran besar serta janganlah terlalu sering mengeluarkan micro sd supaya memori tidak menjadi corrupt. Demikian tips cara merawat micro sd dan  juga memperbaiki micro sd  rusak.